MALANG – Bupati Malang, Rendra Kresna dan Bupati Lumajang, M Masdar, menandatangani kerjasama di bidang pembangunan daerah , Rabu (13/2/2013) di Ruang Anusapati Pemkab Malang.
Ada enam bidang yang di kerjasamakan yaitu, pendidikan, kesehatan, penanganan bencana, pariwisata, kesenian budaya dan infrastruktur. Kerjasama itu dilatar belakangi wilayah keduanya yang berbatasan.
“ Warga di dua wilayah kan kadang tidak pernah melihat perbedaan wilayah, sehingga dari pemerintah daerah bisa saling bekerja sama di berbagai bidang ”, kata Rendra usai acara. Ia memberi contoh seperti warga Kecamatan Ampelgading yang berdekatan dengan Lumajang, pasti juga memanfaatkan fasilitas di daerah itu.
Sedang Kabupaten Malang bisa meningkatkan infrastrukturnya karena warga Lumajang yang ke Malang pasti akan melewati Kabupaten Malang. “ Maka jalan Desa Lebakharjo sekarang juga kita baguskan. Dulu jalan itu kan rawan kecelakaan. Jalan tembus ke Pantai Licin juga sudah baik ”, kata Rendra.
Sedang di bidang kesehatan warga bisa saling memanfaatkan puskesmas terdekat, terutama yang berada di Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang. M Masdar, Bupati Lumajang menambahkan dengan kerjasama di enam bidang itu bisa menyinergikan pelayanan kepada masyarakat.

Analisis :
Kerja sama antara Malang – Lumajang merupakan suatu tindakan yang patut di contoh oleh daerah-daerah lain, karena tidak begitu banyak daerah-daerah yang dapat bekerja sama seperti Malang – Lumajang.
Apalagi mereka bekerja sama dalam meningkatkan bidang pendidikan, kesehatan, penanganan bencana, pariwisata, kesenian budaya dan infrastruktur. Ini merupakan hal yang harus di tingkatkan, sebab hal tersebut merupakan hal-hal yang sangat mempengaruhi perkembangan suatu daerah.