Berbagai masakan dan olahan yang berbahan dasar ayam memang sangat disukai oleh setiap kalangan, mulai dari anak kecil, remaja, dewasa dan orang tua. Karena ayam sangat mudah untuk diolah, dan juga mudah mendapatkannya. Selain itu rasanya juga enak bila sudah disajikan menjadi masakan yang kita inginkan.

Kali ini saya ingin membuka usaha rumah makan, dimana makanan utamanya adalah Ayam Bakar. Memang sudah banyak sekali orang yang membuka bisnis Ayam Bakar, seperti Ayam Bakar Mas Mono, Ayam Bakar Ganthari, Ayam Bakar Taliwang, dan masih banyak lagi. Ayam Bakar memang sudah terbukti banyak peminatnya, apalagi bisa didapatkan dengan harga yang terjangkau dengan rasa yang nikmat.

Sebagai contoh Ayam Bakar Mas mono, dia memulai usahanya dengan membawa 5 ekor ayam yang dijadikan 20 potong, yang awalnya hanya laku 12 potong. Karena rasa bersyukur dan kerja kerasnya ditambah makanannya yang enak, sedikit demi sedikit membuahkan hasil, dan kini Ayam Bakar Mas Mono sudah memiliki lebih dari 64 cabang yang tersebar di Indonesia dan Malaysia.

Setelah melihat hasil dari usaha Ayam Bakar Mas Mono, saya pun berniat membuka usaha Ayam Bakar. Untuk lokasi usaha, saya memilih tempat-tempat yang dekat dengan kantor-kantor, kampus, tempat yang mudah dilihat oleh kendaraan bermotor, dipinggir-pinggir jalan yang sering orang lewati dan yang pasti ditempat yang tidak ada yang menjual Ayam Bakar juga, agar tidak timbul persaingan yang tidak sehat.

Untuk Ayam Bakarnya kami sudah memiliki resep sendiri, jadi tidak meniru resep-resep dari Ayam Bakar lainnya, soal rasa tentu tidak kalah saing dengan yang lainnya dan juga dengan harga yang terjangkau, harga yang wajar dikantong mahasiswa ataupun para pekerja kantoran.

Ayam yang kami gunakan adalah 1 ekor ayam sedang yang dijadikan 4 potong. Ayam Bakarnya nanti akan disajikan bersama nasi putih hangat, lalapan (timun, selada, dan kemangi), dan juga tak ketinggalan sambal terasi ulekan asli dari resep kami.


Kesimpulan :
Bisnis Ayam Bakar termasuk bisnis yang cukup menguntungkan dan tidak begitu sulit untuk menjalankannya, karena bahan utamanya juga mudah didapatkan. Selain itu Ayam Bakar juga diminati oleh banyak orang, oleh karena itu bisnis ini termasuk bisnis yang sangat menguntungkan. Apabila sudah memliki pelanggan, bisnis ini akan sangat mudah berkembang. Hal ini sudah saya lihat dari orang tua saya yang menjalani bisnis Ayam Bakar ini. Dan kita jangan pernah ragu dalam mengembangkan bisnis kita walaupun ada resikonya.


Referensi :