1. Jenis
Perusahaan PT. XL Axiata Tbk.
PT.
XL Axiata Tbk termasuk kedalam jenis perusahaan jasa, karena PT. XL Axiata Tbk.
atau disingkat XL ini adalah perusahaan telekomunikasi seluler. XL merupakan perusahaan swasta pertama yang
menyediakan layanan telepon seluler di Indonesia. XL termasuk perusahaan jasa
karena perusahaan ini menyediakan layanan-layanan misalnya layanan Prabayar,
Pascabayar, Internet & Blackberry, dan layanan lainnya seperti M-Payment,
XL Star, XL Asuransi dan lain sebagainya.
2. Bentuk
Perusahaan PT. XL Axiata Tbk.
Bentuk
perusahaan XL termasuk kedalam perusahaan Perseroan Terbatas (PT), karena XL
mempunyai kekayaan , hak, dan kewajiban sendiri yang terpisah dari pemilik.
Pemilik XL adalah mereka yang memegang saham, dan tanggung jawab terhadap pihak
ketiga yang hanya terbatas tergantung seberapa besar modal sahamnya.
B. Permodalan
Perusahaan
1. Arti
Modal Perusahaan
Modal
adalah segala sesuatu yang dibutuhkan untuk mendirikan bisnis atau usaha, modal
juga dapat digunakan untuk mengembangkan usaha yang telah dijalankan untuk
membuat usaha tersebut menjadi yang lebih besar atau mengembangkan usaha
tersebut menjadi yang lebih baik.
2. Sumber
Modal PT. XL Axiata Tbk
Sumber
modal bisa didapatkan dari modal sendiri atau modal dari luar. Yang dimaskud
dengan modal sendiri ialah modal yang didapat dari diri sendiri, misalnya
pemilik perusahaan memakai hartanya sebagai modal perusahaannya. Sedangkan
modal dari luar ialah modal yang didapat dari luar bukan dari si pemilik
perusahaan, biasanya dari hutang yang diperoleh dari bank, kerabat, atau rekan
bisnis.
Sumber
modal XL berasal dari para pemegang saham. Ada yang dari Axiata
Investments (Indonesia) Sdn Bhd (dahulu Indocel Holding Sdn Bhd). dan ada juga yang berasal dari
Publik. Saham terbesar dimiliki oleh Axiata
Investments (Indonesia) Sdn Bhd (dahulu Indocel Holding Sdn Bhd). sebesar 66,485% atau 5.674.125.290
saham dan dari Publik sebesar 33,515 % atau 2.860.365.377 saham, ini adalah
data per 31 September 2012 yang mungkin sekarang sudah berbeda dari yang
sebelumnya.
C. Evaluasi
Keberhasilan Perusahaan
1. Efek-Efek
Ekonomis Perusahaan
Salah
satu hubungan penting yang harus dilakukan oleh perusahaan adalah dengan para
konsumennya. XL selalu berusaha memberikan yang terbaik kepada para konsumennya
seperti peningkatan kualitas layanan, mengintensifkan program untuk
meningkatkan retensi pelanggan, dan memperkuat brand positioning. Yang
ditujukan untuk menyediakan pengalaman digital yang lengkap, menyenangkan dan
nyaman bagi para pelanggan.
Motivasi
ekonomi konsumen sebagai pelanggan akan mempersoalkan biaya-biaya yang akan
mereka keluarkan, menguntungkan bagi mereka atau tidak. Agar pelanggannya tidak
pindah ke provider lain, XL terus berinovasi dan bertransformasi agar para
pelanggannya lebih merasa diuntungkan. Yang menimbulkan kenyamanan tersendiri
bagi para pelanggannya.
2. Efek
Harga dan Efek Biaya
Konsumen
yang telah menjadi pelanggan XL dapat menentukan keberhasilan bagi perusahaan.
Akan tetapi tidak semudah itu agar para konsumen menjadi pelanggan setia XL. XL
pun memiliki berbagai cara agar para konsumennya tertarik menjadi pelanggan, seperti
melalui iklan-iklan. Dan biasanya XL akan memberikan promo-promo bagi para
pelanggannya yang bisa membuat para pelanggannya merasa senang akan adanya
promo-promo tersebut.
3. Analisis
Hubungan Efek Ekonomis dan Keberhasilan Perusahaan
Dalam
suatu perusahaan laba (profit) merupakan satu-satunya yang dikejar oleh
manajemen, akan tetapi XL juga memikirkan pelayanannya terhadap para pelanggan
mereka. Dan semakin baik pelayanannya maka semakin banyak pula para pelanggan
XL yang akan menimbulkan keuntungan tersendiri bagi XL.
4. Penyajian
dan Analisis Neraca Pelayanan
Hal
ini disebabkan oleh perubahan kebutuhan dari para konsumen atau pelanggan,
terutama tantangan kompetitif, pelayanan perusahaan terhadap para konsumen
harus secara kontinu dan disesuaikan. XL mengetahui bahwa perusahaannya harus
terus berinovasi dan bertransformasi untuk memenuhi tantangan industri, yang
bersaing tidak pada harga, tetapi lebih pada penyediaan pengalaman pelanggan
yang telah ditingkatkan untuk perilaku komunikasi pelanggan yang terus berubah.
5. Efisiensi
PT. XL Axiata Tbk.
XL
tidak hanya berusaha untuk mempekerjakan bakat-bakat terbaik, XL juga melakukan
evaluasi dari setiap posisi di XL untuk mencapai suatu persepsi objektif nilai
masing-masing posisi. Hal ini memberikan informasi yang diperlukan untuk
memperbaiki program bakat XL dan merumuskan remunerasi serta paket retensi yang
tepat melalui kinerja berbasis penghargaan. Selain itu, struktur organisasi
yang fleksibel memungkinkan XL untuk melakukan kolaborasi lintas-fungsional
yang bertujuan untuk pencapaian hasil dan peningkatan efisiensi.
Untuk
perbaikan lebih lanjut dalam efisiensi investasi data, XL selalu terbuka untuk
kerja sama berbagi jaringan. XL selalu terbuka untuk kesempatan berkolaborasi
dalam berbagi infrastruktur untuk peluncuran lebih cepat dan efisiensi biaya.
6. Efektivitas
PT. XL Axiata Tbk.
Efektivitas
XL dalam manajemen aktiva baik lancar maupun tetap dinilai sudah cukup baik,
hal ini dapat kita lihat karena mereka telah mampu menghasilkan laba yang
semaksimal mungkin. Dan efektivitas struktur pendanaan aktiva-aktiva tersebut
sudah cukup baik, sehingga pengembalian lebih besar dari biaya modal yang
digunakan untuk membiayai aktiva-aktiva tersebut.
Saat
ini XL juga tengah merencanakan perbaikan secara sistematis demi melindungi
kepentingan pelanggan XL dan mitra bisnisnya. Dengan terus memantau,
memperbarui, dan terus-menerus meningkatkan efektivitas dari
program-programnya, XL dapat memastikan keberlanjutannya untuk jangka panjang.
Hal
itu juga akan memberikan nilai tambah bagi semua pemangku kepentingan, termasuk
pemegang saham. Pelaksanaan program-program tersebut juga menunjukkan tekad XL
untuk menjalankan bisnisnya secara etis dan bermakna secara sosial, serta
bertanggung jawab terhadap lingkungan.
7. Produktivitas
PT. XL Axiata Tbk.
Produktivitas
XL sudah cukup baik, akan tetapi XL tetap terus meningkatkan kapasitas internal
untuk memberikan tingkat pelayanan yang terbaik dan yang lebih tinggi lagi. Dan
XL akan terus berkomitmen meningkatkan kualitas Human Capital dengan fokus pada
pengembangan organisasi dan penyelarasan sistem Human Capital. Proses evaluasi
struktur organisasi dan peningkatan produktivitas akan terus dilakukan.
XL
juga mengembangkan organisasinya ditahun 2012 yang ditujukan untuk mendukung
eksekusi manage service pengelolaan jaringan, mempercepat pertumbuhan bisnis
layanan digital dan meningkatkan produktvitasnya.
Referensi :
0 Komentar