A.   Jenis dan Bentuk Perusahaan

1.    Jenis Perusahaan PT. XL Axiata Tbk.
PT. XL Axiata Tbk termasuk kedalam jenis perusahaan jasa, karena PT. XL Axiata Tbk. atau disingkat XL ini adalah perusahaan telekomunikasi seluler.  XL merupakan perusahaan swasta pertama yang menyediakan layanan telepon seluler di Indonesia. XL termasuk perusahaan jasa karena perusahaan ini menyediakan layanan-layanan misalnya layanan Prabayar, Pascabayar, Internet & Blackberry, dan layanan lainnya seperti M-Payment, XL Star, XL Asuransi dan lain sebagainya.

2.    Bentuk Perusahaan PT. XL Axiata Tbk.
Bentuk perusahaan XL termasuk kedalam perusahaan Perseroan Terbatas (PT), karena XL mempunyai kekayaan , hak, dan kewajiban sendiri yang terpisah dari pemilik. Pemilik XL adalah mereka yang memegang saham, dan tanggung jawab terhadap pihak ketiga yang hanya terbatas tergantung seberapa besar modal sahamnya.

B.   Permodalan Perusahaan

1.    Arti Modal Perusahaan
Modal adalah segala sesuatu yang dibutuhkan untuk mendirikan bisnis atau usaha, modal juga dapat digunakan untuk mengembangkan usaha yang telah dijalankan untuk membuat usaha tersebut menjadi yang lebih besar atau mengembangkan usaha tersebut menjadi yang lebih baik.

2.    Sumber Modal PT. XL Axiata Tbk
Sumber modal bisa didapatkan dari modal sendiri atau modal dari luar. Yang dimaskud dengan modal sendiri ialah modal yang didapat dari diri sendiri, misalnya pemilik perusahaan memakai hartanya sebagai modal perusahaannya. Sedangkan modal dari luar ialah modal yang didapat dari luar bukan dari si pemilik perusahaan, biasanya dari hutang yang diperoleh dari bank, kerabat, atau rekan bisnis.
Sumber modal XL berasal dari para pemegang saham. Ada yang dari Axiata Investments (Indonesia) Sdn Bhd (dahulu Indocel Holding Sdn Bhd). dan ada juga yang berasal dari Publik. Saham terbesar dimiliki oleh Axiata Investments (Indonesia) Sdn Bhd (dahulu Indocel Holding Sdn Bhd). sebesar 66,485% atau 5.674.125.290 saham dan dari Publik sebesar 33,515 % atau 2.860.365.377 saham, ini adalah data per 31 September 2012 yang mungkin sekarang sudah berbeda dari yang sebelumnya.

C.   Evaluasi Keberhasilan Perusahaan

1.    Efek-Efek Ekonomis Perusahaan
Salah satu hubungan penting yang harus dilakukan oleh perusahaan adalah dengan para konsumennya. XL selalu berusaha memberikan yang terbaik kepada para konsumennya seperti peningkatan kualitas layanan, mengintensifkan program untuk meningkatkan retensi pelanggan, dan memperkuat brand positioning. Yang ditujukan untuk menyediakan pengalaman digital yang lengkap, menyenangkan dan nyaman bagi para pelanggan.
Motivasi ekonomi konsumen sebagai pelanggan akan mempersoalkan biaya-biaya yang akan mereka keluarkan, menguntungkan bagi mereka atau tidak. Agar pelanggannya tidak pindah ke provider lain, XL terus berinovasi dan bertransformasi agar para pelanggannya lebih merasa diuntungkan. Yang menimbulkan kenyamanan tersendiri bagi para pelanggannya.

2.    Efek Harga dan Efek Biaya
Konsumen yang telah menjadi pelanggan XL dapat menentukan keberhasilan bagi perusahaan. Akan tetapi tidak semudah itu agar para konsumen menjadi pelanggan setia XL. XL pun memiliki berbagai cara agar para konsumennya tertarik menjadi pelanggan, seperti melalui iklan-iklan. Dan biasanya XL akan memberikan promo-promo bagi para pelanggannya yang bisa membuat para pelanggannya merasa senang akan adanya promo-promo tersebut.

3.    Analisis Hubungan Efek Ekonomis dan Keberhasilan Perusahaan
Dalam suatu perusahaan laba (profit) merupakan satu-satunya yang dikejar oleh manajemen, akan tetapi XL juga memikirkan pelayanannya terhadap para pelanggan mereka. Dan semakin baik pelayanannya maka semakin banyak pula para pelanggan XL yang akan menimbulkan keuntungan tersendiri bagi XL.

4.    Penyajian dan Analisis Neraca Pelayanan
Hal ini disebabkan oleh perubahan kebutuhan dari para konsumen atau pelanggan, terutama tantangan kompetitif, pelayanan perusahaan terhadap para konsumen harus secara kontinu dan disesuaikan. XL mengetahui bahwa perusahaannya harus terus berinovasi dan bertransformasi untuk memenuhi tantangan industri, yang bersaing tidak pada harga, tetapi lebih pada penyediaan pengalaman pelanggan yang telah ditingkatkan untuk perilaku komunikasi pelanggan yang terus berubah.

5.    Efisiensi PT. XL Axiata Tbk.
XL tidak hanya berusaha untuk mempekerjakan bakat-bakat terbaik, XL juga melakukan evaluasi dari setiap posisi di XL untuk mencapai suatu persepsi objektif nilai masing-masing posisi. Hal ini memberikan informasi yang diperlukan untuk memperbaiki program bakat XL dan merumuskan remunerasi serta paket retensi yang tepat melalui kinerja berbasis penghargaan. Selain itu, struktur organisasi yang fleksibel memungkinkan XL untuk melakukan kolaborasi lintas-fungsional yang bertujuan untuk pencapaian hasil dan peningkatan efisiensi.
Untuk perbaikan lebih lanjut dalam efisiensi investasi data, XL selalu terbuka untuk kerja sama berbagi jaringan. XL selalu terbuka untuk kesempatan berkolaborasi dalam berbagi infrastruktur untuk peluncuran lebih cepat dan efisiensi biaya.

6.    Efektivitas PT. XL Axiata Tbk.
Efektivitas XL dalam manajemen aktiva baik lancar maupun tetap dinilai sudah cukup baik, hal ini dapat kita lihat karena mereka telah mampu menghasilkan laba yang semaksimal mungkin. Dan efektivitas struktur pendanaan aktiva-aktiva tersebut sudah cukup baik, sehingga pengembalian lebih besar dari biaya modal yang digunakan untuk membiayai aktiva-aktiva tersebut.
Saat ini XL juga tengah merencanakan perbaikan secara sistematis demi melindungi kepentingan pelanggan XL dan mitra bisnisnya. Dengan terus memantau, memperbarui, dan terus-menerus meningkatkan efektivitas dari program-programnya, XL dapat memastikan keberlanjutannya untuk jangka panjang.
Hal itu juga akan memberikan nilai tambah bagi semua pemangku kepentingan, termasuk pemegang saham. Pelaksanaan program-program tersebut juga menunjukkan tekad XL untuk menjalankan bisnisnya secara etis dan bermakna secara sosial, serta bertanggung jawab terhadap lingkungan.

7.    Produktivitas PT. XL Axiata Tbk.
Produktivitas XL sudah cukup baik, akan tetapi XL tetap terus meningkatkan kapasitas internal untuk memberikan tingkat pelayanan yang terbaik dan yang lebih tinggi lagi. Dan XL akan terus berkomitmen meningkatkan kualitas Human Capital dengan fokus pada pengembangan organisasi dan penyelarasan sistem Human Capital. Proses evaluasi struktur organisasi dan peningkatan produktivitas akan terus dilakukan.
XL juga mengembangkan organisasinya ditahun 2012 yang ditujukan untuk mendukung eksekusi manage service pengelolaan jaringan, mempercepat pertumbuhan bisnis layanan digital dan meningkatkan produktvitasnya.



Referensi :