Banyak sekali barang atau peralatan yang ada disekitar kita yang dapat kita ubah menjadi aneka prakarya kerajinan yang bermanfaat. Salah satunya adalah stik es krim, benda ini dapat kita ubah menjadi berbagai macam produk seperti miniature rumah, hiasan dinding maupun kotak pensil. Sudah banyak pengrajin industri rumahan yang menggunakan stik es krim sebagai bahan utamanya untuk membuat beraneka macam kerajinan tangan. Stik es krim dipilih karena mudah didapatkan dan juga hargnya yang sangat murah.

Untuk membuat kotak pensil dari stik es krim tidaklah sulit karena sudah banyak sekali contoh karya seni yang dibuat dari stik es krim ini. Namun tetap diperlukan ketekunan, keuletan serta kreatifitas yang tinggi agar barang yang dihasilkan nanti dapat terlihat menarik dan diminati oleh banyak orang.  

BAHAN:
·         Stik Eskrim
·         Pelepah Pisang
·         Daun Kelapa Muda
·         Pernis

ALAT:
·         Lem
·         Gunting / Pisau
·         Kuas

CARA MEMBUAT:
·         Siapkan stik es krim dan lem.
·         Pisahkan stik eskrim menjadi dua bagian, masing-masing bagian ada 4 stik eskrim lalu tumpuk stik eskrim dan rekatkan stik satu dengan yang lainnya dengan menggunakan lem.
·         Susun stik eskrim menyamping diatas dua bagian stik eskrim tadi yang akan dijadikan sebagai alas dari kotak pensil tersebut.
·         Lalu susun stik eskrim tersebut membentuk kotak / persegi, tumpuk 2 stik disetiap sisi dan jangan lupa beri lem disetiap sisinya.
·         Lakukan cara tersebut hingga tinggi kotak kita-kira 15 cm / dirasa cukup.
·         Apabila telah selesai, siapkan pelepah pisang yang sudah diperas / dibuang getahnya dan dijemur hingga kering dan jangan lupa siapkan daun kelapa muda yang masih hijau. Kedua bahan tersebut akan dipakai sebagai hiasan yang bisa digunakan untuk mempercantik kotak pensil tersebut.
·         Setelah semua hiasan dirasa cukup untuk dihias. Siapkan pernis dan oles kotak pensil tersebut dengan pernis dengan menggunakan kuas. Sehingga akan menghasilkan kotak pensil yang lebih indah.